Halaman

Jumat, 07 Desember 2007

EKOLOGI IKAN


Ikan dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Namun, danau yang terlalu asin seperti [[Great Salt Lake]] tidak bisa menghidupi ikan. Ada beberapa spesies ikan dibudidayakan untuk dipelihara untuk dipamerkan dalam [[akuarium]].
Ikan adalah sumber makanan yang penting. Hewan air lain, seperti [[moluska]] dan [[krustasea]] kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan. Menangkap ikan untuk keperluan makan dalam jumlah kecil atau olah raga sering disebut sebagai [[memancing]]. Hasil penangkapan ikan dunia setiap tahunnya berjumlah sekitar 100 [[juta]] [[ton]].
''[[Overfishing]]'' adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan penangkapan ikan secara berlebihan. Fenomena ini merupakan ancaman bagi berbagai spesies ikan. Pada tanggal 15 Mei 2003, jurnal ''[[Nature (journal)Nature]]'' melaporkan bahwa semua spesies ikan [[laut]] yang berukuran besar telah ditangkap berlebihan secara sistematis hingga jumlahnya kurang dari 10% jumlah yang ada pada tahun 1950. Penulis artikel pada jurnal tersebut menyarankan pengurangan penangkapan ikan secara drastis dan reservasi [[habitat]] laut di seluruh dunia.

Tidak ada komentar: