Halaman

Senin, 10 Desember 2007

POPPING ADALAH..?



Memancing ikan bukan sekadar menangkap ikan. Tapi menikmati semua proses memancing sebagai suatu seni dengan keasyikan tersendiri. Mulai dari meracik umpan, mempersiapkan joran, melempar kail, menunggu ikan mematuk umpan sampai kenikmatan “bertarung” dengan ikan yang terkail. “Memancing itu adalah seni!” Bukan jumlah ikan yang berhasil dipancing yang menentukan, tapi kualitas dan kenikmatan memancing itu yang utama!” jenis dan berat satuan ikan tangkapannya akan memberikan kepuasan yang berlainan.


Untuk pemancing di laut lepas, misalnya, jenis ikan air asin yang prestisius seperti layaran, marlin, alu-alu (barakuda), great travelly (GT) atau ikan kuwe, tenggiri adalah targetnya. Untuk memancing masing-masing spesies ikan ini, dibutuhkan keterampilan dan teknik yang berbeda.Dari sekian banyak teknik memancing (air asin) seperti casting, jigging, trolling dan popping, yang terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam satu dasawarsa di Indonesia.


Popping juga sudah dikenal di kalangan hobiis mancing,mancing air asin. Popping yang paling asyik itu dilakukan dari atas kapal. Alasannya, pemancing bisa memilih area perairan yang diinginkannya. “Dibandingkan popping di bibir pantai, popping di laut dalam lebih mengasyikkan. Ikannya ganas, dan kita sangat menikmati sensasinya“penggila” mancing yang begitu menikmati teknik popping., popping adalah suatu teknik memancing dengan menggunakan umpan tiruan yang disebut popper. Popper ini dilemparkan pada jarak tertentu, kemudian kenur digulung sehingga umpan yang mengapung bergerak di permukaan air menimbulkan cipratan khas yang mengundang ikan predator. Teknik ini biasa digunakan untuk memancing ikan permukaan.Tidak diketahui persis sejak kapan popping ini dikenal di Indonesia, namun diprediksi kira-kira belasam tahun yang lalu. Sejumlah hobiis meyakini, popping berawal di Australia. Namun tidak berkembang dan justru lebih diminati di Jepang. Pemancing hobiis Indonesia mungkin mengenal teknik ini dari para pemancing Jepang yang sering memancing di Indonesia.

Tidak ada komentar: